Rabu, 23 Januari 2013

Geografis Sugiharjo


Desa Sugiharjo adalah suatu desa dari 17 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Tuban Kota Kabupaten Tuban. Dilihat dari letak Geografisnya Desa Sugiharjo berada pada ketinggian 11 Meter dari permukaan laut. Sugiharjo dibagi menjadi dua dusun yaitu Dusun Mawot dan Dusun winong
Jarak tempuh dari desa ke kota Kecamatan adalah kurang lebih 4 kilo meter ke arah Timur, sedangkan jarak tempuh dari desa ke pusat Kabupaten kurang lebih 7 kilo meter ke arah Timur.

Luas wilayah desa Sugiharjo kurang lebih 368,970 m2, dan peruntukanya kurang lebih 225,722 hektar sebagai lahan sawah dan ladang. Daerah pertanian termasuk tanah yang cukup subur, sangat cocok untuk ditanam berbagai jenis tanaman,baik tanaman tahunan maupun jenis komuditi lainya.

Dalam bidang pendidikan Sugiharjo dikelilingi banyak sekolah, dari berbagai macam tingkat pendidikan. Dalam bidang ekonomi Sugiharjo juga sangat berperan, Pasar Desa Sugiharjo yang berada di tengah-tengah desa merupakan pasar yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk Sugiharjo, bahkan penduduk dari beberapa desa yang mengelilingi sugiharjo. Industri rumah tangga sugiharjo juga sangat banyak, dan yang paling banyak diijumpai di Sugiharjo adalah industri rumah tangga pembuatan berbagai macam kue.

Batas-Batas Desa Sugiharjo
Desa Sugiharjo berbatasan dengan beberapa desa yaitu :
1.      Sebelah Timur : Desa Kembangbilo Kecamatan Tuban Kota
2.      Sebelah Selatan : Desa Boto dan Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding
3.      Sebelah Barat : Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kota
4.      Sebelah Utara : Desa Mondokan Kecamatan Tuban

Kependudukan
Mata Pencaharian Penduduk.
Penduduk Desa Sugiharjo pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani, namun ada juga yang sebagai pegawai Negeri, pegawai Swasta, TNI, Polri, Buruh, dan Wiraswasta. Desa Sugiharjo berpenduduk 1.644 Kepala Keluarga atau 6.867, yang mana 3.357 laki-laki dan 3.510 perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar